Monday, January 15, 2007

Review Kecelakaan Pesawat


Dalam dua minggu ini, orang udah mulai capek ngebahas tentang pesawat sial yang "dematerialized" itu. Tapi saya masih aja terpesona dengan komentar beberapa orang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Kata ahli penerbangan, di luar faktor cuaca, yang lebih penting adalah: umur pesawat ternyata udah older and wiser dibandingkan dengan para sejawatnya di negara lain. Udah nggak pantes buat terbang.

Gw jadi keinget dulu banget, suatu Minggu pagi, gw naik metromini dari arah Sarinah ke sini. Buat yang belom tahu, metromini adalah jenis wahana angkutan di Jakarta berbentuk minibus yang wujud fisik dan performanya sangat tidak membanggakan. Baik penumpang maupun sopir sama-sama berpendapat: “Seandainya saya boleh memilih.…”

Nah, di jalanan yang lebih lengang dari hari-hari biasa (weekdays) itu, mas sopir jadi lebih leluasa memacu kendaraannya. Kuwenceng!! Gw jadi sangat ketakutan. Suara mesin kendaraan itu berisik banget. Bodinya sangat tidak aerodinamis, tempat duduknya sama sekali nggak ergonomis, bikin ion-ion di tubuh ini bergetar semua. Lebih mengerikan lagi sewaktu pesawat.. eh, mobil berwarna oranye itu masuk jalan tol!

Gw komat-kamit membaca semua mantra yang gw hafal. Bayangin aja, alangkah menyedihkan seandainya mobil ini error! Trus besoknya di koran-koran nasional nongol berita tentang “kecelakaan metromini” lengkap dengan daftar nama para korban. (Hidup bertahun-tahun Jakarta, masak endingnya seperti ini!! Nista banget kaan?? hihi). Gw pernah naik roller-coaster di Dufan, tapi nggak sampai ketakutan seperti ini!

Akhirnya, di halte berikut --tepatnya di depan Hero Gatsu-- gw turun sebelum nyampe tujuan, dengan muka pucet dan badan kayak kesemutan, minum sebotol teh dingin sambil ngrokok sebatang, dan terus melanjutkan perjalanan pulang dengan taksi.

Trus apa kesamaannya ama pesawat itu?? Yah itu tadi.. pokoknya mirip-mirip deh kayanya, hihi…




* Bagian lebih besar dari postingan ini telah gw potong, soalnya gw sendiri sebal membacanya, arrghh..



10 comments:

Anonymous said...

ngeri yah. tapi skarang kan udah ketemu beberapa bagian. yah mudah2an cepet bereslah. biar cepet tahlilan dan bisa tenang di alam sana..

Anonymous said...

gmn sih? cerita kok ga jelas endingnya. aaarrrrggghhhhhhhh....

Unknown said...

Jadi, akhirnya metromini ini pecah berkeping2????


Wuah..untung banget Um buyung dah turun duluan...

Iman Brotoseno said...

berarti mental manajemen airlines nggak beda jauh dengan manajemen metromini,..apalagi di koran kompas minggu lalu ada iklan airlines baru mencari staff,..LORENA AIR,...bentar lagi Timbul Jaya, Tunggal Dara dan Kramat Jati menyusul...

just Endang said...

Ngeliat dari template blognya yg serem, (gak seseram dulu sih...)trus foto rambut gondrong, eh,naik metromini ampe pucet? Gak cucoook...hehehehe,sori,om....gondrong jg manusia ya?

-ian- said...

lucu banget, aku belom pernah naek metromini loh, hehehe....
ini sindiran yang cukup menarik
semoga kita selalu aman jika naek pesawat

Anonymous said...

“Seandainya saya boleh memilih.…”

yhak bethul...senandainya sayah boleh memilih, akan lebih baek punya pintu kemana saja ala doraemon drpd naek pesawat lalu jatuh ke laut...naek bis nyungsep ke jurang, naek KA nyemplung ke sungai...

DOraemooooonnn... *tangisan nobita*

Anonymous said...

itu lah metromini.. jangan lupa bayar premi asuransi mas!

Milda said...

metallll !!
Dimaklumi, burung emang suka nyasar..

Spooky blog you have here but..metalll...!! :)

Anonymous said...

wah burung nya nyasar dulu, kayaknya mo cari pesawat nie ....