Friday, February 10, 2006

Wired !

Ilustrasi di bawah ini ber-setting di kantor gw, tapi nama-nama yang disebut di bawah ini adalah fiktif, kalo nggak disebut berarti beneran! hihihi... maap

SORE tad gw masuk ke ruang akuarium... sebuah ruangan yg terletak di pojok kantor dengan hawa spiritual yg rada ganjil, mungkin karena dihuni para aktivis HAM yang mengharamkan asap rokok masuk... gw nyamper ke situ karena di situlah letak satu2nya PC yang ada
maxthon-nya.

duduk, nyalain pc, log-in, klik browser, copy-paste.... lalu selintas kedengaran temen di sebelah ngeluh kepada temen di sebelahnya lagi soal pesangon yg cuma sekian juta, dipotong utang koperasi menjadi sekian juta... nah!! "Ooh, lo mo kluar dari sini?" gw bertanya, sambil tetep memelototi gambar-gambar rumah ibadah di situs keren itu.

Serta merta temen sebelah lagi itu melongo ke gw, dengan tatapan mata seorang ibu guru galak di sebuah SD inpres di Gunungkidul yang mendapati muridnya selalu lupa ngerjain pe-er: "Lo tuh gimana seeh?? gak punya akses ke intranet yah?? kan beritanya udah nyebar seminggu lebih.. dasar autis!"

(Gw pun diyem terpana... musti ngerasa bangga, teralienasi, ataukah kasian pada mereka. btw sebenernya, persoalan itu simpel aja sih: kalo memang gak ingin tahu, mengapa gw harus tahu?? dan untuk tahu, mengapa musti buka INTRANET?)

MALEMNYA, di ruang gw sendiri, di sela-sela kerjaan yg berjibun itu, gw masih nyempetin telpon sana-sini kayak mbak-mbak sekretaris centil, lalu chat diyem2 ama sindy, lia, endah,, browsing, donlod, ikutan posting jayus2 di milis anak nongkrong yang isinya rencana gathering hari palentin yang cowo2nya musti pake baju warna pink (gw cuma punya item!!), terus baca cerita tentang seorang ibu pengendara mobil yang dizalimi rombongan om2 tajir yang lagi konvoi pake motor gede harley-davidson...

Dan sejam barusan, gw baru dengar anak2 chatroom jakarta 11 pada mau ke Bandung buat acara launching buku tentang cyber tulisan si qq. Yup! dalam hal ini, atmosfer yang diciptakan oleh mereka (anak-anak chatter itu) kadang memang lebih memberikan kenyamanan. Sederhana, lugas, dengan misi yang jelas: mengimitasi kebersamaan yang dibangun di dunia maya ke dalam dunia real! Meski seringkali terjadi berbagai deviasi dan distorsi dalam pola hubungan antarpersonal akibat sifat bawaan alami masing-masing kepribadian yang pada dasarnya sangat heterogen......[ anjeeeeeeeeng:)):)):)) ngomong pake bahasa planet mana seh!! hahahaha].

Udah mulai keliatan point yg gw mo obrolin? Sumpah demi pohon-pohon gede di kebon raya bogor.. gw juga bingung sendiri! hahahaha... gini loh kayaknya:

Gw cuma ngerasa kayak sebatang pohon cimenk... upss pohon sinkong yang dicabut dari tanah basah yang nyaman. Di tengah peradaban yang teknologinya gak maju2 karena masih bergantung pada temuan abad pertengahan (listrik!) ini, serba plugged-in, kita memaksakan diri untuk unplugged!


Down to earth plz!


2 comments:

kaira said...

bur, gile ye loe...kenapa di rubah2 neh blog..gw kan dah dikit2 kerjainnya.....jadi berubah lagi deh tuh....barusan dah gw kerjain back ma list temennya...jgn di rubah2 dulu ya bro.....sabar kali....oke? bye2 ondel2:P

coDOT said...

iyaaaah.. ga tau abisan dikit2 getu gak kerasa, hahahahahaa......