Wednesday, May 31, 2006

Relics of the day

Ada analisis mesum tentang gempa di Jogja: bencana itu terjadi akibat benturan spiritual antara kekuatan feminin (penguasa Laut Selatan) dan maskulin (Gunung Merapi). Itu kata si Rintul ponakan gw barusan, yang sedang ketar-ketir di rumahnya di Jogja sono gara-gara isu tentang gempa susulan edisi hari Kamis --katanya berkekuatan lebih dari 7 skala Ritcher!

Dia ingin mengonfirmasikan isu gempa susulan tersebut. Gw bilang sih, mendingan memang waspada soalnya bangunan rumah dan gedung pada retak, jadi gempa sekecil apa pun bisa berbahaya. Gw saranin dia nyantai aja. Sabar dan pasrah, berdoa. Paling gak mereka udah terlatih untuk itu, hehe. Tapi... trauma mental ternyata lebih mengerikan daripada pemandangan "wisata Jogja" yang semingguan ini banyak dijual hampir semua media massa kapitalis sebagai hot news (termasuk juga majalah tempat gw bekerja)!

Salah satu efeknya adalah mereka jadi gampang termakan berbagai isu, yang paling irasional sekalipun. Misalnya: akan jatuh korban sebanyak 5.000 nyawa lagi, si Nyai marah gara-gara kurang sajen, dsb. Mereka juga jadi demen mencermati semua berita tentang gempa, dari televisi yang udah pada mulai nyala, koran, radio, berbagai SMS yang berisi analis paranormal ini-itu, dan sebagainya.

Makan mi instan pagi siang malam sampai puyeng, gempa-gempa susulan, hujan deres di tenda2 pengungsian, tembok rumah yang bolong-bolong, yang pas ada gempa susulan selalu berbunyi kriuk-kriuk... Letih dan putus asa untuk memulai kehidupan selanjutnya. Kebayang kan, ketidaknyamanan seperti itu bakal lama mereka alami. "Maen ke sini deh Mas, biar bisa ngeliat and ngerasain sendiri! Gambar-gambar yang di tipi itu belum seberapa!" kata ponakan itu, setelah gw menanggapi semua ceritanya dengan cengar-cengir garing.

Okay, bantuan material dan kepedulian memang perlu, dan udah berjibun yang dikumpulkan. Kita udah nyumbang, udah cukup bersimpati, beres, dan bisa menjalani hidup kita sendiri, life must go on! Tapi seperti ada yang kurang yah? Sumpah gw ngerasa ada yang aneh di sini.

***

Seorang temen barusan nelepon, ngajak jalan-jalan bareng besok Minggu pagi ke Dufan! Beberapa menit lalu, satu e-mail dari millist masuk. Isinya undangan untuk acara "charity" buat korban bencana Jogja. Barusan masuk ruangan, temen yang mau numpang ngrokok di ruang gw. Dia rebahan di kasur gulung sambil ngobrol, marah-marah ama detik com yang masih saja menulis analisis mistik soal gempa itu. Eh iya, sebelumnya ada juga SMS dari si Anggun nanyain kabar kerabat gw di daerah bencana itu, nanya kenapa gw gak pernah nyalain Messenger semingguan ini. Gw udah jawab, sambil tak lupa nitip salam buat si Satan, hihi...

***

Gw sering percaya takhayul, tapi sampai detik ini gw belum bisa mencerna cerita versi feminin-maskulin tentang gempa itu. Gw tadi sampai nelepon ulang buat nanya-nanya dari mana dia mendapat cerita itu. Yang kebayang di benak gw sampai sekarang malah: seorang cewek ama cowok bergumul, mengakibatkan gempa di kasur.

5 comments:

Anonymous said...

Bur,... gw jd malu, nama gw jd nongol begini,... Kan tar dikira gw itu ada apa-apanya sama elo,... padahal kan peran gw ga lebih dr seorang 'matchmaker'untuk ngejodohin seorang burung dg satan,...

Kenapa sih orang indo selalu menghubung-hubungkan ini dg itu,... Kenapa gak terima aja kalo musibah is a only a matter of time,... Tentang musababnya itu perlu direnungkan dg akal sehat,bukan sisi gaibnya,...

Anonymous said...

so, masih percaya dengan sesuatu yang gaib? klo waktunya habis tuk pecaya hal-hal yg gaib, jangan heran sepele apapun dihubung-hubungi dengan sesuatu yg gaib...klo dikolaborasi, antara gaib, intelektual science,religi..maka..semuanya jadi serba 'abu-abu'. hal ini gw lebih cenderung pd intelektual..gempa saat ini terjadi karena lempengan lokasi Indonesia yg cukup sensitif dari belahan bumi...so, jangan heran masih ada gempa lg..he..he..nda ada hubungannya..ma gaib ye..ye..no..no.......(cukup serius neh gw uraikan...)

Anonymous said...

sedih yah *ga nyambung*

Anonymous said...

Well..sebagai org yg percaya tuhan dan percaya jg kl setan itu ada, pasti ada campur tangan tuhan dalam setiap kejadian. karena menurut gw tuhan udah menentukan takdir setiap org, dalam mati, rejeki dan jodoh.

mbakanggun said...

Bur, pas gw cerita ttg pandangan ponakan lo ke temen gw,... dia cm ketawa sambil bilang kalo teori si ponakan itu masih sedikit rasional dibandingkan teori bapaknya : bahwa Mbah Marijan udah bosen kelamaan di puncak gunung Merapi dan pengen maen aer di pantai selatan, maka dari itu, untuk menghemat waktu, lompatlah beliau dari puncak Merapi dan Jogja pun HoyyegG!